Camping di Gurun Sahara – Part 26

Rally in Sahara

Sahara selain terkenal akan padang pasirnya, juga digandrungi oleh para pe-rally terutama yang berasal sari Eropa. Konon kabarnya dalam setahun bisa lebih dari 30 Rally yang melintasi kawasan ini. Mulai dari yang sangat bergengsi seperti Paris Dakar hingga Rally yang kecil dengan jumlah peserta hanya puluhan tim. Dan setelah melalui Sahara kami baru menyadari bahwa begitu banyak kehidupan yang bergantung dari Rally di kawasan ini.

Kalau teman-teman sudah menonton #JOW25, pasti ingat Cappuccino sedang dipersiapkan sebelum melewati rute Sahara. Di sana kami berkenalan dengan Aziz yang memiliki bengkel di Zagora (Slide ke-2). Sambil menunggu Cappuccino dibenahi, Aziz sempat ngobrol santai dan dia bercerita kadang dalam 1 bulan mesti menghandle 2-3 Rally dan mesti tidur di mana saja disepanjang rute Rally selama berhari-hari. Aziz terkenal sebagai mekanik lapangan di Rally. Di dalam mobilnya yang ikut bergerak bersama peserta Rally selalu dipenuhi berbagai perlengkapan dan spare part dari berbagai jenis mobil. Berbagai situasi mengajarkan dia untuk mampu untuk kreatif dalam mengatasi masalah dengan kondisi yang tidak nyaman, waktu dan juga spare parts yang terbatas. Aziz sangat cerdik dalam hal ini.

Selain itu, kami juga beruntung bertemu dengan Pak Mauro Da Vacchis (Slide ke-3, 4,5). Beliau punya usaha kecil rescue khusus untuk rally. biasanya Mauro dipanggil untuk mendampingi Rally di lokasi yang terpencil di Europa dan Africa. mobil Toyota landcruiser-nya penuh dengan perlengkapan medis dan perlengkapan camping. Kecelakaan atau peserta yang kelelahan sudah jadi keahliannya. Dalam mobilnya sudah lengkap dengan 1 orang dokter dan 1 perawat yang berlisensi. Mauro sudah mesti standby di rute Rally kadang hingga 10 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *